Studi di Belgia: Bagaimana Menjalani Musim Dingin di Gent?

Sint-Pietersplein Gent

Gent merupakan salah satu kota yang cantik di Belgia. Terletak di wilayah Flanders Timur, Gent memiliki sejarah yang menarik. Apalagi kota Gent juga memiliki wilayah yang besar. Tak heran, kota ini pun banyak menarik minat para turis untuk berwisata. Di samping itu, Gent juga menjadi tujuan para pelajar untuk menimba ilmu. Hal ini disebabkan adanya banyak kampus di kota Gent.

Belfort Tower Gent (kiri) di area city central Gent dan lapangan Sint-Pietersplein (tengah & kanan) pada awal Oktober 2022


Hidup di Gent tentunya membutuhkan beberapa adaptasi. Tak jarang, perubahan cuaca dan musim menjadi perhatian utama bagi para pelajar yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia. Sebagian besar kampus umumnya mengawali tahun ajaran baru pada bulan September. Apabila Anda tiba di Gent pada kisaran bulan tersebut, musim gugur akan menyambut kedatangan Anda di Gent. Tak perlu khawatir akan cuaca yang terlalu ekstrim. Pada bulan September di Gent, musim gugur masih diwarnai dengan sinar matahari dan panjang siang hari yang masih cukup lama. Pada awal bulan September, matahari akan terbenam pada pukul 22.00 malam. Meskipun demikian, Anda mungkin akan merasakan angin yang terasa sedikit lebih sejuk atau dingin daripada di Indonesia. Oleh sebab itu, mengenakan baju tertutup berlengan panjang disarankan khsusunya bagi yang tidak terlalu tahan dengan perubahan cuaca dan berangin. Mengenakan jaket tipis dan baju satu lapis masih dimungkinkan pada musim-musim ini.


Dedaunan mulai menguning pada akhir Oktober 2022


Secara perlahan dari bulan September hingga bulan Desember, suhu akan semakin turun dan panjang siang hari akan semakin pendek. Hal ini sejalan dengan perubahan musim gugur ke musim dingin. Oleh sebab itu, mempersiapkan baju-baju musim dingin sangat disarankan selagi beradaptasi dengan musim gugur di awal kedatangan.

Dalam masa musim dingin pada awal Januari 2023

Di kota Gent, suhu akan mulai turun dengan perlahan dari minggu ke minggu. Aplikasi ramalan cuaca pada gawai pintar sangat disarankan untuk dicermati. Hal ini akan sangat membantu dalam mempersiapkan baju yang harus dikenakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Dari minggu ke minggu, suhu akan mulai turun dari 17  ̊C menuju 11  ̊C hingga 0  ̊C atau -3  ̊C. Memasuki musim dingin, sangat disarankan mengenakan beberapa lapis baju serta sweater dan jaket musim dingin. Mengenakan syal dan penutup kepala juga dapat membantu menghangatkan leher, hidung, dan telinga dari suhu dingin.

Dalam masa musim dingin pada awal Januari 2023

Adaptasi dengan panjang waktu siang hari juga menjadi perhatian. Sejalan dengan menurunnya suhu, jangka waktu matahari bersinar juga akan semakin pendek. Pada siang hari terpendek di musim dingin pada bulan Desember, matahari terbit pada pukul 09.00 dan terbenam pada pukul 16.00. Secara praktis, hanya ada waktu 7 jam hari siang. Hal ini mungkin akan menimbulkan sedikit rasa kaget. Tips praktikal, tetap lakukan aktivitas dan rutinitas belajar sesuai jadwal seperti biasanya. Makan makanan bergizi, konsumsi suplemen vitamin D, dan mengobrol dengan orang terdekat dapat membantu mengatasi kekagetan dalam beradaptasi.

Pagi hari dalam musim dingin di awal Januari 2023

Bagaimana dengan curah hujan di sini? Ketika sampai di Gent, Anda mungkin akan mendapatkan notifikasi pada gawai pintar akan turunnya hujan. Berbeda dengan hujan di negara tropis seperti Indonesia, hujan di kota Gent adalah hujan rintik-rintik yang datang silih berganti sangat sering. Hujan dapat turun dalam lima menit lalu berhenti dan akan turun lagi setelah selang waktu sepuluh menit. Pola hujan yang silih berganti seperti ini dapat berlangsung selama satu jam. Menyiapkan payung lipat dan jaket anti air cukup untuk beraktivitas di luar ruangan ketika hujan.




Area lapangan Sint-Pietersplein pada awal Januari 2023

Bagaimana persiapan Anda sejauh ini? Semangat para pelajar yang sedang mempersiapkan keberangkatan untuk menempuh studi di kota Gent. Kami nantikan dan menyambut hangat kedatangan kalian di sini. Sampai jumpa di Gent!


Gent, 19 Januari 2023

(Bernardine Agatha Adi Konstantia)





All image and pictures copyright belongs to the writer.   




Postingan populer dari blog ini

Summer Holiday: Strolling Around Leuven and Surroundings - Geboortehuis Sint-Jan Berchmans in Diest

Starter Pack Tips: How to Survive Living in Belgium? Serba-Serbi Transportasi