Starter Pack Tips: How to Survive Living in Belgium? Serba-Serbi Transportasi

 

Tram melintas di salah satu persimpangan kota Gent 

Menjejakkan kaki untuk pertama kalinya dan memulai petualangan yang baru di tempat impian tentu akan menjadi momen yang seru dan tak akan terlupakan. Namun sebelum mencapai tempat-tempat idaman (dan sekaligus mencari barang-barang kebutuhan), mengenali dan memahami bagaimana cara  menggunakan moda transportasi di kota setempat menjadi kemampuan yang sangat dibutuhkan.

Dalam perjalanan studi, kemampuan untuk mengenal lingkungan tempat tinggal sekitar menjadi hal yang sangat penting. Bagi beberapa orang, hal ini mungkin menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi bagaimana tinggal di tempat yang baru menjadi terasa nyaman. Belajar mengenal dan memahami bagaimana cara menggunakan transportasi adalah salah satunya. Jika Anda akan berada di Belgia, khususnya di wilayah Flanders, transportasi bus dengan nama “De Lijn” akan sering Anda temui. “De Lijn” merupakan penyedia layanan transportasi yang beroperasi di seluruh wilayah Flanders (Dutch-speaking region). Sebagian besar moda transportasi yang dioperasikan berupa bus, namun di beberapa kota juga dapat ditemui moda transportasi tram.

Untuk menggunakan layanan bus De Lijn, Anda dapat membeli karcis satu kali jalan pada mesin yang terdapat di peron bus di luar stasiun kereta. Opsi lainnya adalah membeli tiket bus di konter yang dilayani oleh petugas secara langsung di kantor “de Lijnwinkels”. Biasanya, tempat “de Lijnwinkels” berada dekat dan masih di sekitar stasiun kereta. Pilihan ketiga adalah mengunduh aplikasi “De Lijn” pada gawai dan membeli tiket secara online. Ketika memilih pemelian melalui aplikasi pada gawai, hal yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan koneksi internet serta aplikasi untuk pembayaran yang terintegrasi pada gawai. Pembelian karcis secara mandiri melalui mesin di peron juga biasanya membutuhkan kartu untuk pembayaran (tapped card). Jika Anda hendak melakukan pembayaran secara tunai, pembelian di konter “de Lijnwinkels” dengan petugas dapat menjadi opsi yang paling nyaman. Tiket de Lijn pada umumnya berlaku selama 1 jam. Ketika menaiki bus atau tram, jangan lupa untuk melakukan tap kartu karcis pada mesin yang terletak di dekat pintu masuk bus/tram. Jika Anda menggunakan karcis pada aplikasi di gawai Anda, jangan lupa untuk mengaktivasi dan menunjukkannya kepada petugas di dalam bus. Setelah itu, Anda dapat menikmati perjalanan dan jangan lupa untuk menekan tombol “Halte” berwarna biru sebelum sampai di halte tujuan Anda untuk berhenti.

Namun sebelum itu, bagaimana cara tahu bus mana yang harus dinaiki? Bagaimana cara mengetahui halte tujuan untuk turun? Di mana halte bus tempat saya harus menunggu? Apakah saya menaiki bus dengan rute yang benar?

Tenang. Ini merupakan pertanyaan-pertanyaan dasar yang pasti dialami oleh setiap orang :) Mari kita kembali sejenak untuk mengecek apakah kita telah menaiki bus yang membawa kita tepat ke arah tujuan kita!

Sebelum menaiki bus, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui alamat tempat tujuan. Untuk mengecek rute bus mana yang harus diambil, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps pada gawai pintar. Ketikkan alamat tujuan pada Google Maps dan pilih moda transportasi apa yang akan Anda gunakan. Seringkali pada Google Maps akan muncul beberapa opsi yang bisa Anda gunakan untuk mecapai tujuan Anda: mobil, jalan kaki, bus, kereta, atau sepeda. Semuanya dilengkapi dengan perkiraan waktu tempuh. Pilih moda transportasi bus. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan waktu keberangkatan dengan nomor bus dan rute yang beragam. Pilih salah satu jadwal keberangkatan bus yang paling sesuai.

Tampilan Google Maps untuk mencermati rute perjalanan

Pada Google Maps, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah mencermati nomor peron atau nama halte bus tempat Anda harus berangkat. Pastikan Anda menuju dan menunggu di peron atau halte yang sesuai. 

Nama halte di bagian atas halte 


Jika Anda masih belum yakin apakah telah berada di halte yang tepat, Anda dapat mencermati pada Google Maps nomor bus dan tujuan akhir. Misal pada Google Maps perjalanan Anda tertulis: “Bertem – Bierbeek”, maka fokuskan pada “Bierbeek” yang merupakan tujuan bus Anda. “Bertem – Bierbeek” memiliki arti bahwa bus berangkat dari arah Bertem menuju Bierbeek. Pastikan nama arah tujuan Anda (dalam hal ini: "Bierbeek") yang tertera pada peron atau halte. Hal ini sangat penting dicermati untuk memastikan bahwa Anda berada di lajur rute yang tepat, dan bukan berada di arah sebaliknya :) Untuk mengecek dan mencocokkan nomor peron atau nama halte, Anda dapat melihat pada tiang plang halte atau nomor peron yang biasanya tertulis di bagian atas halte/peron. Pada tiang plang halte atau layar monitor pada halte, Anda dapat memperoleh informasi mengenai: 1) Bus dengan rute apa saja yang melewati halte ini; 2) Bus dengan nomor berapa saja yang akan segera datang; 3) Berapa menit lagi bus akan segera tiba di halte ini.


Papan informasi berisi nama halte, nomor bus yang melintas, dan rute tujuan bus

Layar monitor berisi informasi: Nomor peron, nomor bus yang melintas, tujuan akhir bus, dan waktu kedatangan bus 

Berapa lama lagi bus akan datang? Untuk mengeceknya, Anda dapat mencermati waktu perkiraan tiba yang tertera pada Google Maps. Selain itu, Anda juga dapat mencocokkannya dengan jadwal harian yang ditempel pada setiap halte. Anda akan dapat menemukan informasi mengenai jadwal kedatangan bus setiap hari dari Senin sampai Minggu. Untuk membacanya, pastikan Anda mencermati hari yang tepat. Selanjutnya, cermati jam dan menit untuk mengetahui waktu kedatangan bus.

Papan informasi di halte berisi jadwal kedatangan bus (jam dan menit) setiap hari dari Senin sampai Minggu

Karena ada lebih dari satu bus yang singgah di halte atau peron yang sama, ada baiknya melambaikan tangan pada bus yang dituju untuk memberi tanda bahwa Anda hendak naik supaya bus berhenti. Setelah berada di dalam bus, jangan lupa untuk menekan tombol “mulai” pada Google Maps Anda untuk memulai perjalanan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui dengan pasti: 1) Sampai mana bus berjalan; 2) Berapa banyak pemberhentian halte yang dilewati; 3) Kapan harus turun di halte yang tepat. Satu hal yang perlu dipastikan, koneksi internet diperlukan untuk mengakses metode ini.

Tampilan Google Maps untuk mencermati rute perjalanan

Memulai suatu petualangan dan perjalanan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya memerlukan keberanian. Keberanian untuk memulai langkah dan perjalanan itu sendiri sudah merupakan hal yang luar biasa! Pengalaman yang dialami sepanjang perjalanan itu sendiri jugalah yang menjadi keseruan dan momen yang tak terlupakan. Terkadang, pengalaman tersesat dan salah arah menjadi bagian dari perjalanan itu sendiri! :) Jangan khawatir, apabila itu terjadi tetap tenangkan hati dan pikiran. Bertanyalah pada orang-orang yang ada di sepanjang perjalanan. Niscaya, pasti ada orang-orang yang akan membantu. Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini dalam setiap perjalanan pertama :)

Dalam sebuah perjalanan singkat di Blaarmeersen, Gent


Selamat berpetualang! Selamat bertransportasi menikmati dan menjelajahi keindahan kota-kota! Kami nantikan cerita keseruan perjalananmu! Sampai jumpa!


Kota Leuven


Salam, Bernardine Agatha Adi Konstantia.

Leuven, 19 Februari 2023.


*All documented pictures belong to the author

*Terima kasih kepada Alya, Mira, dan Cia untuk foto dan perjalanan di Blaarmeersen :) 

Postingan populer dari blog ini

Summer Holiday: Strolling Around Leuven and Surroundings - Geboortehuis Sint-Jan Berchmans in Diest

Studi di Belgia: Bagaimana Menjalani Musim Dingin di Gent?